Langsung ke konten utama

Mengenal Librari Pandas, Hewan yang Menyukai Data

source: twoarddatascience.com

Pandas merupakan salah satu librari pemrosesan data yang tersedia di python. Librari pandas digunakan untuk memberikan pengetahuan terhadap data yang dianalisis. Biasanya penggunaan pandas digunakan bersama library numpy. Sebelum mengenal lebih jauh, mari kita mulai dengan meng-install librari pandas dan numpy. Penginstallan dapat dilakukan pada terminal atau cmd, command promt. Dengan mengetikkan berikut 

pip install numpy
pip install pandas
Setelah melakukan instalisasi, pada file program yang kita buat perlu di-import kedua library tersebut agar pemrosesan dapat dilakukan.
In [1]: import pandas as pd
In [2]: import numpy as np
Bila program dilakukan melalui notebook baris data bersifat intrisik, hubungan antara data tidak dapat dipatahkan kecuali oleh anda sendiri dengan mengulang kernel. Perlu diingat untuk setiap pemrosesan data, pengerjaan harus algoritmik sehingga hal yang diharapkan dapat terjadi. Ada beberapa perintah dasar yang perlu dipahami sebelum menggunakan pandas lebih lanjut. Pada artikel kali ini, penulis menggunakan dataset penjualan game dari kaggle berupa dataset vgsales.csv. Berikut adalah method dasar yang wajib diketahui sebelum melakukan analisis data menggunakan python.

1. method (".info()")

Method ini digunakan untuk mendapatkan informasi mendasar dari sebuah data frame. Informasi yang didapatkan seperti indeks kolom, nama kolom, jenis isi kolom, dan jumlah data yang tak kosong pada tiap kolom. Kita dapat menentukan jumlah, kolom null dengan mencari kolom dengan non-null terbanyak dikurangi non-null pada kolom yang kita cari, bisa terjadi eror jika tiap kolom terdapat data null pada baris yang berbeda-beda.
Pada contoh, misalnya, pada dataframe vgsales.csv, jumlah non-null paling adalah 16598 baris, ada pada setiap kolom kecuali kolom publisher dan year. Dengan method ini pula, kita dapat mengklasifikasi tiap kolom bergantung pad jenis data yang disimpan. Pada dataframe terdapat 6 kolom float, 1 kolom integer dan 4 kolom object.



2. method (".describe()")

Methon ini digunakan untuk mendapatkan data statistik dasar pada tiap kolom numerik. Data yang termuat ialah count(jumlah tiap baris pada kolom), mean(rata-rata kolom), std(standar deviasi), min(nilai terendah), 25%(persentil per empat), 50%(nilai tengah), 75%(persentil akhir), dan max(nilai tertinggi).
Menggunakan method ini, kita dapat menentukan apakah ada data yang aneh seperti nilai tak wajar, seperti negatif pada kolom kuantitas, atau nilai yang melampaui batas((cek artikel tentang pembersihan data)). Statistik pada method ini juga dapat digunakan untuk mencari pengetahuan lebih lanjut mengenai dataset yang kita teliti, sebagai dasar pencarian.



3. method (".head()" & ".tail()")

method .head() digunakan untuk mencetak dataframe dari dari awal. Basically, method ini akan mencetak lima data teratas. Selanjutnya, untuk mengonfigurasi pencetakan dapat dilakukan dengan memasukkan jumlah pada dalam kurung. Anda bebas measukkan angka pada rentag data, bila dimasukkan angka negatif maka pencetakkan indeks akan dihitung dari belakang.
Method ini berguna untuk mengklasifikasi data dan mencocokkan data atas analisis yang kita gunakan. Selain itu, kita juga dapat menggunakan method ini untuk melakukan preview sebelum mengalisis data. Dengan begitu, analisis yang kita lakukan dapat lebih tepat sasaran.

Method ".tail()" pada dasarnya mirip dengan ".head()". Perbedaan dari kedua method itu terletak pada di mana perhitungan dimulai. Jika ".head()", secara mendasar dimulai dari indeks 0 atau awal, ".tail()" perhitungan dimulai dari indeks terakhir atau -1.



4. Method (".loc[...]")

Method ini digunakan untuk mendapatkan data tertentu berdasar pada baris yang ingin diakses. Akses data dapat dilakukan dengan langsung memasukkan indeks atau dengan klasifikasi logika yang diinginkan. Logika yang diterapkan mirip pada penggunaan conditional pada pemrograman struktural.



5. Akses langsung kolom ("df[...]")

Pengaksesan langsung kolom dapat dilakukan dengan menggunakan kurung siku. Pada method ini kita juga bisa mengaplikasikan logika seperti method ".loc", perbedaan keduanya terdapat pada fokus utama, jika kurung siku langsung digunakan untuk mengakses kolom tertentu, sedangkan ".loc" lebih ke arah indeks.


6. Dimensi Data Frame (".shape")
Method ini digunakan untuk mengetahui ukuran total dari sebuah dataframe. Method ini akan menampilkan dimensi dataframe dalam bentuk angka. Angka yang ditampilkan berurutan dari ukuran total baris, diikuti koma dan total kolom total.

7. Menghitung Jumlah Perbagian (".value_counts()")
Method ini digunakan untuk menghitung banyaknya jenis pada bagian tertentu dari dataframe. Kerapnya method ".value_counts()" digunakan untuk menghitung bagian dari suatu kolom. Misal kita ingin menghitung jumlah data pada tiap genre pada dataset vgsales.csv

8. Menghitung banyak suatu data (".count()")
Hampir mirip dengan method sebelumnya, method ".count()" ini menghitung banyaknya data non-null pada suatu dataset. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LeetCode (70): Permasalahan Menaiki Tangga

image source: liputan6 Seperti biasa, setiap pagi, aku mencoba untuk mengerjakan persoalan atau problem yang disediakan oleh Leetcode, sebuah website kumpulan persoalan yang biasanya diujikan pada technical test  ketika ingin melamar pekerjaan atau magang. Namun, kemarin, aku menemukan sebuah persoalan unik yang berjudul Climbing Stairs. Yang membuat persoalan ini unik bukan tingkat kesulitannya, melain sebagaimana tricky penyelesaiannya. Berikut persoalan Climbing Stairs dari LeetCode.  Seseorang bisa menaiki tangga dengan naik satu anak tangga atau langsung menaiki dua anak tangga sekaligus. dalam menaiki tangga, bisa saja dapat banyak kombinasi cara menaiki tangga. Jika terdapat tangga setinggi n anak tangga. Tentukan banyak cara menaiki anak tangga.     Bila Anda diminta untuk menyelesaikan ini, bagaimana kah cara Anda menghitungnya? Sejatinya, ada banyak cara menyelesaikan permasalahan ini. Namun, dalam komputasi, jawaban terbaik disajikan dalam cara termalas atau nilai kompleksit

Sebuah Catatan Semester III dan 2021

Grafik pengunjung blog [Mungkin mengandung kata kasar, dan menganggu]  Katanya " Orang yang beruntung adalah yang hari ini lebih baik dari kemarin, orang merugi adalah yang hari ini tak lebih baik dari hari kemarin, sedangkan orang celaka adalah yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin". Begitulah gambaran awalnya, mungkin kalo dievaluasi. Muncul pertanyaan besar, kiranya di manakah posisi Risqi sekarang? Jika boleh jujur, menurut penulis, Risqi sekarang ada di titik celaka. Ya, yang hari kemarinnya masih lebih baik dari hari ini. Baik dari spiritual, moral hingga akademik. Sudah banyak teman ia minta saran, tapi rasanya sama saja. Sepertinya beda saja, dulu dua amat rajin membuat artikel machine learning di blog, mencoba hal atau teknologi baru, ikut hackathon dan lomba, tapi sekarang progressnya macet, liburan diisi dengan hal tak bermanfaat. Bukannya tak bersyukur, memang kadang dalam mengevaluasi diri perlu disadari dan diakui bahwa DIRIMU S*MPAH. Orang berkata, banya

30 Jam 3 Orang 1 Produk

 Mungkin, artikel ini berjudul 30 jam, tapi cerita yang kubawakan mungkin akan lebih panjang. Cerita tentang perjalan membuat Workoutin (ini link copyannya). Walau masi jauh dari sempurna. Namun, perjalanan ini cukup menarik buat aku critain. Ini merupak first time masuk final lomba nasional, ya meskipun belum juara 1 :"), but hamdallah. Berawal dari sebuah informasi lomba di notion. Ya, awalnya aku kurang berminat, karena takut, dan banyak hal lain. Namun, aku sadar, kalo aku tetep di state ini, ga mau bergerak, mana mungkin berubah? Cerita pun berawal dari pencarian tim. Aku tidak begitu saja mendapat tim. Beberapa kali mendapat penolakan. Hingga akhirnya terbentuklah, Risqi, Yandy, Helmi, alias Gak Ada Ide. Aneh memang, berawal dari kebingungan memberi nama, kami pun akhirnya memberi nama "Gak Ada Ide" karena memang ga ada ide untuk nama tim. Setelah mendaftar, bisa dibilang, kami cukup santai dengan lomba ini. Kami tidak menarget sedikitpun.  Saking santainya, mungki